Jumat, 23 Desember 2011

Laporan Bimbingan Klasikal Ivon


Lampiran A
RAHASIA
  Format 1
PENILAIAN SEGERA BIMBINGAN KLASIKAL
Bidang Sosial
Pengentasan Masalah

1.      Apakah masalah anda dalam  berkomunikasi yang baik dengan lawan jenis terlayani dengan penyajian materi bimbingan klasikal ini? Tuliskan secara singkat : …………………………………………………………………....................
………………………………………………………………………………

2.      Hal-hal atau pemahaman baru apakah yang anda peroleh setelah mengikuti bimbingan klasikal dengan materi cara berkomunikasi yang baik dengan lawan jenis?
Jawab : …………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………...

3.      Bagiamana perasaan anda setelah mengikuti bimbingan klasikal dengan materi cara berkomunikasi yang baik dengan lawan jenis?
Jawab : …………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………...

4.      Setelah mendapat layanan bimbingan klasikal hal-hal apakah yang akan anda laksanakan untuk menyelesaikan masalah dalam hal berkomunikasi dengan lawan jenis?
Jawab : ………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………..
5.      Berdasarkan gambaran no.3 dan 4 diatas, berapa persen masalah anda yang berkaitan dengan berkomunikasi dengan lawan jenis itu teraselesaikan pada saat sekarang?
a.       95%-100%                        d. 30%-49%                g. Semakin berat
b.      75%-94%              e.10%-29%                  h. ……………...
c.       50%-74%              f. kurang dari 10%

6.      Tanggapan, saran, pesan atau harapan apa yang ingin anda sampaikan kepada pemberi layanan atau penyaji materi bimbingan klasikal?
Jawab : ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………


Tanggal Mengisi :                                            Nama Pengisi      :  
















LAPORAN
PELAKSANAAN PRAKTIKUM MENGEVALUASI
BIMBINGAN KLASIKAL

A.    Pelaksanaan Layanan      
1.      Waktu/ Tanggal                       : 1x10 menit, 18 Oktober 2011
2.      Tempat                                    : Ruang Kelas X.1 SMK
3.      Materi Evaluasi                       :
Pelaksanaan kegiatan bimbingan klasikal berawal dari need assesment siswa yang kemudian ditindak lanjuti dalam bentuk satkung sebagai bukti bahwa masalah yang diperoleh dan dapat diselesaikan melalui penyusunan satuan layanan bimbingan klasikal merupakan proses perencanaan, pelaksaan, evaluasi dan tindak lanjut.lalu diaplikasikan dalam satlan yang berisi materi tentang layanan informasi cara berkomunikasi yang baik dengan lawan jenis setelah itu diadakan layanan secara klasikal. Ketika proses pelaksanaan kegiatan  bimbingan klasikal berjalan dengan lancar, siswa mengikuti layanan tersebut dengan antusias dan memperhatikan.

4.      Prosedur Evaluasi                    :
Pratikan dalam pelaksanaan praktik bimbingan klasikal menggunakan alat evaluasi yaitu secara lisan dengan cara mengajukan beberapa pertanyaan yang manyangkut tentang materi kepada siswa dan dijawab secara lisan. oleh siswa. Kemudian siswa juga dapat mengajukan pertanyaan kepada pratikan jika siswa menemui kesulitan atau ketidakpahaman tentang materi yang diberikan.

5.      Instrument Evaluasi    :
Alat atau instrument evaluasi yang pratikan gunakan adalah Penilaian Segera, hal ini sesuai dengan jenis evaluasi yang tertera dalam satlan bimbingan klasikal. Dalam hal ini bentuk penilaiannya bahan tertulis berupa selembar kertas yang berisi beberaapa pertanyaan tertulis yang harus dijawab secara tertulis juga oleh siswa  yang mendapat layanan berkaitan dengan pelaksaaan layanan bimbingan klasikal.

6.      Aplikasi Instrumen Evaluasi               :
Penerapan alat atau instrument evaluasi tersebut dilaksanakan secara segera setelah layanan bimbingan klasikal dilaksanakan. Instrument tersebut dibagikan kepada semua siswa yang mendapat layanan bimbingan klasikal.

7.      Mengolah Hasil Aplikassi Instrumentasi         :
Pengolahan data menggunakan tabel yang menampung jawaban tertutup dan perhitungan prosentase. Kemudian dari tabel dan hasil prosentase dianalisis dan ditafsirkan kemudian ditarik kesimpulan tentang pelaksanan bimbingan klasikal.



Nama : Novi Sri Wahyuningsih          NPM : 09110223        Kelas: 5E PPB














LAPORAN
PRAKTIKUM MENGANALISIS HASIL EVALUASI
BIMBINGAN KLASIKAL

1.      Norma atau Standar Evaluasi
a.       Norma yang digunakan meliputi :
1)      Cara Menganalisis              :
Untuk dapat mengetahui hasil dari evaluasi pelaksanaan bimbingan klasikal pratikan melakukan pengamatan, penafsiran terhadap instrumen evaluasi sehingga nantinya dapat ditarik kesimpulan tentang hasil evaluasi tersebut.
2)      Kriteria Hasil Analisis        :
Dari hasil analisis tersebut pratikan dapat menetapkan  standar evaluasi tersebut tergolong baik. Karena instrumen evaluasi tersebut berfokus pada bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan klasikal dilihat dari proses, kegiatan, serta hasilnya bagi siswa yang mengikuti layanan tersebut.
b.      Deskripsi dan komentar tentang hasil evaluasi           :
Dari hasil evaluasi pratikan memperoleh gambaran secara jelas tentang hasil dari layanan bimbingan klasikal bagi siswa. Dari hasil tersebut sebagian siswa memperoleh pemahaman baru tentang cara berkomunikasi yang baik dengan lawan jenis dan dapat menerapakan cara-cara tersebut kehidupan bersosialisasi dan bermasyarakat. Selain itu mereka juga menemukan inovasi atau cara baru dalam berkomunikasi yang khususnya dengan lawan jenis.

2.      Analisis terhadap Hasil Evaluasi
a.       Pencermatan hasil penilaian proses dan penilaian awal
Hasil penilaian proses dan penilaian awal menurut pratikan sudah baik. Karena pada awal pelaksanaan pratikan sudah memberikan beberapa kegiatan sesuai dengan yang tercantum dalam satlan. Dan proses pelaksanaan layanan bimbingan klasikal pun sesuai dengan urutan dalam satlan.
b.      Penetapan kriteria hasil analisis
Dari hasil analisis tersebut pratikan dapat menetapkan hasil analisis evaluasi tersebut tergolong baik. Karena instrumen evaluasi tersebut berfokus pada bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan klasikal dilihat dari proses, kegiatan, serta hasilnya bagi siswa yang mengikuti layanan tersebut.
c.       Kelemahan dan kelebihan hasil evaluasi
Hasil evaluasi menjelaskan bahwa peserta bimbingan klasikal sangat antusias.

3.      Penafsiran hasil analisis evaluasi
a.       Kesimpulan dan Tindak Lanjut        :
Dari hasil evaluasi bimbingan klasikal pratikan dapat menyimpulkan bahwa pelaksanaan bimbingan klasikal berjalan dengan lancar, siswa yang mendapat layanan pun antusias dengan materi yang diberikan. Karena materi yang diberikan sesuai dengan kebutuhan siswa yaitu kebutuhan tentang cara berkomunikasi yang baik dengan lawan jenis. Dan selain itu dari analisis evaluasi dapat disimpulkan bahwa siswa yang mendapat layanan memperoleh pemahaman baru tentang cara berkomunikasi yang baik dengan lawan jenis dan dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.


Nama : Novi Sri Wahyuningsih               NPM : 09110223        Kelas: 5E PPB






LAPORAN
PELAKSANAAN PRAKTEK MELAKUKAN TINDAK LANJUT
BIMBINGAN KLASIKAL

1.      Penetapan dan Arah Tindak Lanjut
Setelah siswa mengikuti bimbingan klasikal dengan materi cara berkomunikasi yang baik dengan lawan jenis, siswa diharapkan mempunyai pemahaman baru tentang materi tersebut dan dapat mengembangkan cara-cara tersebut sesuai keinginan dan kemampuannya dalam berkomunikasi. Akan tetapi jika ada beberapa siswa yang masih bingung dalam berkomunikasi khususnya dengan lawan jenis maka konselor akan mengadakan Layanan lanjutan, meliputi konseling individu, bimbingan kelompok.

2.      Konseling individu membantu siswa mengutarakan secara individu kepada konselor tentang permasalahnnya, dengan konseling individu diharapkan siswa mau terbuka dan tidak malu untuk mengutarakan masalahnya berbeda pada saat bimbingan klasikal. Karena pada saat konseling individu hanya ada konselor dan siswa tersebut sehingga siswa bisa leluasa untuk minta saran dan pendapat tentang masalahnya pada konselor. Sedangkan untuk bimbingan kelompok sendiri bertujuan untuk membantu siswa mengutarakan pendapat dan menanggapi pendapat dari berbagia teman dalam kelompoknya. Dalam hal ini konselor mengikutsertakan wali kelas sebagai pihak yang terkait agar bisa membantu pelaksaanaan tindak lanjut dan memberikan informasi secara lengkap bagaimana seluk beluk konseli.

3.      Dari hasil evaluasi dan penilaian layanan dapat diketahui siapa saja kiranya siswa atau konseli yang belum paham akan materi layanan atau menemui masalah setelah layanan diberikan maka kemudian konselor menawarkan untuk diadakan tindak lanjut. Dimana siswa atau konseli yang masih memiliki masalah yang berhubungan dengan materi bisa ditanyakan langsung dengan konselor namun ditempat dan waktu yang berbeda.
LAPORAN
PRATIKUM MEMBUAT PELAPORAN
BIMBINGAN KLASIKAL

1.      Laporan pelaksanaan bimbingan klasikal
(terlampir)

2.      Laporan ini saya sampaikan kepada dosen pembimbing, kepala sekolah, guru pembimbing(BK), wali kelas. Dengan tujuan agar mereka mengetahui sajauh mana layanan yang saya berikan dapat membantu siswa dalam memecahkan masalahnya dan dapat mengamati perubahan perilaku yang terjadi pada diri siswa yang mengalami masalah. Dalam laporan ini saya lampirkan laporan pratikum bimbingan klasikal.



Nama : Novi Sri Wahyuningsih          NPM : 09110223        Kelas: 5E PPB















Tidak ada komentar:

Poskan Komentar